Mudahnya membuat apps Android berbasis HTML5 #mobilisasi

Yap, #mobilisasi adalah satu satu training mobile apps development yang digagas oleh Om Oon Arfian dwi (@OonID). #mobilisasi kali ini berlangsung di kantor 7langit yang berada dibilangan ruko cempaka mas, jakarta pusat. Bagi yang mau ikutan #mobilisasi bisa langsung cek timelinenya Om Oon ya.

Nah sekarang saya akan merangkum apa-apa saja yang terjadi pada first training #mobilisasi yang dilaksanakan pada tanggal 2 februari 2013 kemarin ini🙂. Kata Om Oon, #mobilisasi pada kali ini adalah mencoba membuat aplikasi sederhana pada platform android menggunakan HTML5. Mengapa dipilih platform android pada #mobilisasi kali ini ? karena platform android relatif lebih mudah dikembangkan dan interoperabilitas pada jenis OS dan hardware yang ada. Alasan yang lain adalah handset android sudah banyak yang punya, sehingga bisa langsung deploy apps di handset masing-masing. Pada dasarnya, banyak jalan untuk membuat apps di platform android, bisa menggunakan java, HTML5, native (C/C++), AdobeAir, Python dan Unity, tentunya pengembangan bisa dilakukan diatas OS Windows, Linux dan Mac. Jika ingin menggunakan HTML5, maka ada beberapa tools yang bisa digunakan, salah satunya adalah PhoneGap. Arsitektur PhoneGap sendiri berjalan diatas browser. Saat ini PhoneGap bisa berjalan diatas (browser) IOS, android, blackberry, bada, windows phone, palm OS, symbian dan meego. Adapun sintaks penulisan HTML5 tidak berbeda dengan sintaks penulisan HTML pada umumnya. Kemudian ada tools lagi yaitu jQueryMobile, berguna untuk menangani user interface di HTML5[1].

Sebelum memulai, perlu dipersiapkan tools yang dibutuhkan, yaitu :

  1. Android Developer Tool [2]. Yang enak pada ADT kali ini adalah tidak perlu repot-repot setting ini itu antara eclipse dan ADT android🙂
  2. PhoneGap [3].
  3. jQuery [4].
  4. jQueryMobile [5].

Bagaimana langkah selanjutnya ? akan saya bahas kok, tapi di postingan yang lain ya, supaya baca-nya rapi🙂.

Oh iya, pada #mobilisasi kali ini diikuti oleh 3 peserta, yaitu saya sendiri, mas @robikucluk yang datang pertama kali :thumbup: dan om @damarjuniarto yang dengan baik hati berbagi makanan dengan kami semua🙂.

wpid-img_20130202_165626

IMG-20130202-00788

IMG-20130202-00787

IMG-20130202-00058

[1] http://www.slideshare.net/arfiandwi/appmazinc-android-session

[2] http://developer.android.com/sdk/index.html

[3] http://phonegap.com/download/

[4] http://code.jquery.com/jquery-1.8.2.min.js

[5] http://code.jquery.com/mobile/1.2.0/jquery.mobile-1.2.0.min.js

Dengan kaitkata , , , , ,

One thought on “Mudahnya membuat apps Android berbasis HTML5 #mobilisasi

  1. delia mengatakan:

    Ane tunggu lanjutannya gan. sekalian tolong dijelasin cara install software android developer tool step by step soalnya ane masih newbie

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: