Perjalanan & Pengalaman di Eropa #2

Hmm kalau ngga salah Perjalanan & Pengalaman di Eropa #1  terakhir sampai saya berpisah dengan pak Rahmat di Gare de Lyon ya ? Oke sekarang akan bercerita lagi.

Setelah sampai di Gare de Lyon, tujuan selanjutnya adalah kami harus ke kediaman pak Musa yang ada di Dijon. Salah satu hal yang perlu di ingat adalah ketepatan waktu di Prancis, jangan samakan dengan jam karet ala Indonesia. Dari Paris ke Dijon kami naik TGV, perjalanan lumayan lama dan kamipun sampai di Dijon ! ketika keluar di stasiun kami bisa menghirup udara segar !

DSC00172

DSC00173

Sampai di kediaman pak Musa, kami berbenah sedikit, cuci muka dll. Kemudian ngga lama datang 3 wanita, lagi-lagi cantik😀 ternyata mereka adalah mahasiswi Indonesia yang juga kuliah di Universite de Bourgogne, tapi mereka kuliah di kampus Dijon, siapakah mereka ? yang saya inget hanya ara dan jeane, satu lagi saya lupa namanya, maklum pikiran masih kalang kabut.

Kami hanya menginap satu malam, karena besok paginya kami harus ke Le Creusot, dan menggunakan kereta paling pagi karena jam 09.00 pagi sudah mulai registrasi mahasiswa baru di condorcet.

Perjalanan dari Dijon ke Le Creusot hanya 1 jam menggunakan TER, setelah sampai di Le Cresuot, kami disambut oleh ibu Julia, wah senang rasanya. FYI, ibu Julia ini sudah lama tinggal di Le Creusot, dan beliau juga alumni Universitas Gunadarma. Ketika kami mendorong-dorong koper untuk sampai ke condorcet, tiba-tiba mobil berhenti, siapa dia ? Oh, ternyata Prof. Fabrice ! Wah lagi-lagi senang bisa bertemu beliau, FYI Prof. Fabrice ini sering datang ke UG untuk seminar loh. Akhirnya koper kami sementara disimpan di bagasi mobilnya Prof. Fabrice.

Sampai di depan condorcet, saya deg-degan banget ! ini pertama kalinya saya menginjakkan kaki di kampus😀 Beruntung staff disini sangat ramah-ramah dan mahir berbahasa Inggris. Saya pun diberikan map yang berisikan detil kegiatan yang akan dilakukan ke depan, hari pertama dan kedua adalah mengurus administrasi, mulai dari bank hingga asuransi apartemen. Ngga lupa saya pun berkenalan dengan teman-teman yang lain, ini merupakan momen yang sangat keren bagi saya, pertama kalinya dalam suatu ruangan bisa berbincang dengan teman baru, ada yang India, Nepal ,China ,Rusia, Venezuela dan lain-lain, pokoknya seru banget !

DSC00184

Tapi ada masalah lagi nih, saya belum memegang kunci apartement, ada informasi bahwa kunci apartemen sudah diambil oleh Francois, Francois adalah mahasiswa S3 di Le Creusot. Alhamdulillah pak Musa dan bu Julia mau membantu mengambil kunci kami yang ada di Francois. Setelah hari pertama urusan selesai, akhirnya kami bisa ke apartemen, ternyata dea dan farhat dapat di Jean Moulin dan saya di Acacias.

Jika tinggal di Prancis, sebelum kita menempati kamar/apartemen yang akan kita tempati, kita harus mengisi formulir etat de lieu. Formulir ini berisikan keadaan kamar kita ketika akan ditempati. Harus jeli melihat kondisi kamar kita.

Tips #1 : Pastikan anda mengisi dengan tepat dan jeli formulir etat de lieu

DSC00174

DSC00177

DSC00181

DSC00183

DSC00204

DSC00205

DSC00206

Selesai masalah apartmen, saya masih mempunyai 2 hari untuk berbenah kamar sebelum memulai perkuliahan. Dengan baik hati bu Julia berkenan mengajak kami berbelanjan sekaligus berkeliling Le Creusot. Kami pun diajak menjemput kedua anaknya yang juga cantik🙂 namanya Ines dan Vicki, sedangkan suami bu Julia namanya Mr. Zoran. Semoga Allah memberi lindungan kepada keluarga ini, aamiin.

DSC00200

DSC00199

Hari kedua masih seputar urusan administrasi, dan saya bertemu dengan Andru, siapa Andru ? Andru adalah anak ITB yang sudah lulus S2 master computer vision & robotic, yang sekarang sedang S3 di Strasbourg. Ternyata malam ini akan diadakan graduation sekaligus dinner untuk menyambut mahasiswa baru ! What a day, ini merupakan momen yang sangat kontras dengan kehidupan mahasiswa di Indonesia, sejak kapan mahasiswa baru (MaBa) dijamu makan malam di restoran oleh pihak kampus ?

DSC00203

DSC00202

DSC00201

Cerita Perjalanan & Pengalaman di Eropa #2 , masih banyak kok cerita-cerita yang lainnya, yang seru-seru pastinya… silahkan baca cerita selanjutnya di Perjalanan & Pengalaman di Eropa #3

Dengan kaitkata , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: