PERJALANAN & PENGALAMAN DI EROPA #5

Biaya hidup tergantung gaya hidup

Tulisan kali ini saya akan membahas tentang living cost alias biaya hidup yang saya alami ketika saya bertahan hidup di negara prancis. Satu-satunya sumber keuangan yang saya terima adalah kiriman uang dari kampus UG, sebesar 750 euro per bulan, cukup ngga tuh 750 euro per bulan ? kan mahal tuh tinggal eropa ? Oke, saya bahas ya..

Disini saya tidak menggunakan ilmu akuntasi yang baik benar, karena saya tidak mencatat semua proses keluar masuk kas, disini saya akan menggunakan pendekatan yang sederhana saja ya🙂 Komponen-komponen biaya hidup saya jabarkan menjadi berikut :

  • Tempat tinggal / hebergement : Sebagai pelajar Prancis, saya dapat menggunakan fasilitas CROUS residence. Kelengkapan dan kenyamanan tempat tinggal akan berbanding lurus dengan biaya yang dikeluarkan. Sebagai contoh, sebuah kamar di Residence Acacias Le Creusot yang dilengkapi kulkas,  meja belajar, lemari, dan kamar mandi yang berada di dalam kamar, dan dapur yang digunakan berbagi dengan penghuni lain, ditebus dengan biaya 232 euro per bulan, itupun sudah termasuk biaya listrik,air dan internet.  Sedangkan di Residence Jean Moulin, harus ditebus dengan biaya 350 euro per bulan, satu-satunya perbedaan adalah dapur di Jean Moulin berada di dalam kamar.
  • Makan dan minum : Seharusnya komponen ini diletakkan diatas, tapi tidak masalah. Makan di resto U, resto U adalah istilah untuk kantin universitas, jika anda pelajar, anda harus mengeluarkan 3.1 euro untuk sekali makan, dalam sekali makan itu anda mendapatkan makanan pembuka, utama dan pencuci mulut. Tetapi sampai sekarang saya belum pernah makan di resto U berbayar, pernah saya makan 2 kali di resto U tetapi menggunakan voucher gratis dari kampus. Tentu lebih murah jika anda memasak sendiri makanan yang anda makan, berapa sih harga makanan di prancis ? tentu harga makanan di setiap kota berbeda-beda, sebagai pembanding anda bisa melihat di http://www.carrefour.fr . Biasanya, setiap minggu saya belanja habis sekitar 25-35 euro per minggu, ya dalam sebulan saya mengeluarkan 100-140 euro untuk berbelanja di carrefour.
  • ATK : Disini saya hanya pernah membeli satu buah buku tulis😀 Jika ingin mencetak dokumen, saya cukup ke kampus, ya di kampus kebutuhan cetak mencetak ada dan gratis. Anggap setiap bulan anda membeli 1 pulpen baru, sekitar 5 euro.
  • Komunikasi : Jika internet ada di residence dan kampus, lalu komunikasi apa lagi ? Tidak ada salahnya kita mempunyai handphone dan providernya, ya walaupun disini kebanyakan berkomunikasi menggunakan email. FYI, pulsa/credit untuk operator orange bervariasi, isi pulsa 5 euro hanya aktif untuk 7 hari saja, tetapi 15 euro bisa aktif untuk 2 bulan. Komponen “pulsa” ini sebenarnya optional, tergantung kebutuhan.
  • Kebersihan : Saya mempunyai kebiasaan mandi 2 kali sehari dan setiap hari membuang sampah. Harga kantung sampah plastik hitam isi 40 pcs relatif murah, hanya 1 euro saja. Sabun mandi + shampo sekitar 3 euro, pasta gigi sekitar 1 euro. Jika di total semuanya sekitar 5 euro.
  • Transportasi : Setiap bulan, saya mengeluarkan 11.30 euro untuk berlangganan bus.

Hmm apalagi ya, saya kira itu komponen utama biaya hidup disini, ingat ya, yang UTAMA, totalnya sekitar 532 euro per bulan. Note, harga ini adalah harga yang saya alami di tahun 2013 di kota Le Creusot, Prancis. Seperti quote diatas tadi, biaya hidup tergantung gaya hidup, ngga bisa dipungkiri kalau kita butuh hiburan, kadang kalau melihat McD atau restoran kebab, kita jadi lapar dan membeli makanan disana.

Selain pemasukan dari kampus UG, saya juga mendapatkan subsidi dari pemerintah Prancis berupa CAF sebesar 90 euro per bulan, uang ini langsung dikirim ke CROUS, dan dikurangkan ke tagihan bulanan apartemen saya. Satu-satunya bertahan hidup dengan uang beasiswa adalah berhemat dan berhemat🙂 Ingat pepatah kuno, hemat pangkal kaya. Pertanyaan apakah 750 cukup untuk kehidupan sehari-hari di Le Creusot, Prancis ? saya jawab “Cukup”.

 

Dengan kaitkata ,

Tinggalkan Balasan

